UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI UJONG RAJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Raja Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Raja melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Tahun Pelajaran 2022/2023. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ujong Raja Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa adalah 15 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 7 dan siswa perempuan 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2023 sampai dengan Maret 2023 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menandai jumlah siswa yang terampil dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 33.33% pada pra penelitian meningkat menjadi 60.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 93.33% pada siklus II. Peningkatan siswa yang mampu dalam proses pembelajaran yaitu dari 61.34% pada siklus I dan meningkat menjadi 89.24% pada siklus II. Penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Raja Tahun Pelajaran 2022/2023.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Husen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0