MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI
Kata Kunci:
Kompetensi Pedagogik, RPP, Pembinaan dan Supervisi Akademik.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian seluruh guru mata pelajaran pada semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 30 orang guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari data data observasi dan pembinaans diperoleh fakta bahwa melalui pembinaan dan Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari kondisi awal nilai rata-rata kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1 hanya 40%, meningkat ke kondisi akhir siklus I1 nilai rata-rata kemampuan menganalisis mata pelajaran menjadi 60% sehingga pada siklus II meningkat lagi menjadi 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa melalui pembinaan dan Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Teuku Ismail
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0