MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Penulis

  • Teuku Ismail

Kata Kunci:

Kompetensi Pedagogik, RPP, Pembinaan dan Supervisi Akademik.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian seluruh guru mata pelajaran pada semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 30 orang guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari data data observasi dan pembinaans diperoleh fakta bahwa melalui pembinaan dan Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari kondisi awal nilai rata-rata kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1 hanya 40%, meningkat ke kondisi akhir siklus I1 nilai rata-rata kemampuan menganalisis mata pelajaran menjadi 60% sehingga pada siklus II meningkat lagi menjadi 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa melalui pembinaan dan Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2020/2021

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Teuku Ismail

SMA NEGERI 1 KAWAY XVI ACEH BARAT

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Articles