PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran. Pada hasil penelitian maka didapat pada siklus 1 nilai perencanaan guru 71,98%, pelaksanaan 72,72%, penilaian 81,48% dan tindak lanjut 59,05% dan pada siklus 2 meningkat menjadi nilai perencanaan 92,86%, pelaksanaan 93,07%, penilaian 90,48% dan tindak lanjut 83,81% maka Berdasarkan peningkatan kinerja guru baik rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian siswa ternyata mempengaruhi hasil ujian siswa tahun 2023.
Kata Kunci:Pembelajaran, Supervisi edukatif Kolaboratif, Kinerja
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muzakkir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0