PENINGKATAN KOMPETENSI PEDOGOGIK GURU DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI TRUMON TENGAHTAHUN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan peningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan supervisi akademik di SMA Negeri Trumon Tengah Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Trumon Tengah Aceh Selatanpada semester genabdimulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri Trumon Tengah sebanyak 7 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus teriti dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observaasi dan anket. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan supervisi akademik pada siklus I hanya sebanyak dua guru yang mencapai indikator keberhasilan penelitian, sedangkan pada siklus II semua guru telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Untuk aspek pengamatan aspek pengamatan tujuan pembelajaran pada siklus I diketahui persentase yang diperoleh 92,86% dan pada siklus II menjadi 100%, mengalami peningkatan sebesar 7,14%. Pada siklus I untuk aspek pengamatan bahan belajar persentase yang diperoleh adalah sebesar 82,14% dan pada siklus II menjadi 96,43%, mengalami peningkatan sebesar 14,29%. Kemudian untuk aspek pengamatan strategi/metode pembelajaran ada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 71,43%, pada siklus II menjadi 92,86%, mengalami peningkatan sebesar21,37%. Untuk aspek pengamatan evaluasi persentase pada siklus I yang diperoleh sebesar 71,43%, pada siklus II menjadi 96,43% mengalami peningkatan sebesar 25,00% dari siklus I. Hasil observasi juga didukung oleh hasil angket, semua guru sangat mendukung dan merasa penting merencanakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu berupa RPP dengan baik dan benar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri Trumon Tengah tahun 2023.
Kata Kunci:Supervisi akademik, kompetensi pedagogik,
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0