Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.51179/jip.v10i2.1545Kata Kunci:
ayam broiler, saluran pemasaran, efisiensi pemasaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik peternak, agen dan pedagang pengecer pemasaran ayam broiler, dan saluran pemasaran ayam broiler, menganalisis margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan, dan biaya pemasaran ayam broiler, serta menganalisis efisiensi pemasaran ayam broiler di Pasar Tradisional Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021 – April 2021. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penarikan sample pedagang pengecer dengan menggunakan purposive sampling (sampel sengaja), sedangkan sampel peternak dan lembaga pemasaran lainnya dengan metode penelusuran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuisioner. Analisis data meliputi biaya pemasaran, margin pemasaran, share peternak dan rasio keuntungan biaya dari masing- masing saluran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua saluran pemasaran. Margin pemasaran terkecil diperoleh pada saluran pemasaran I, maka dari itu saluran pemasaran I memiliki rasio keuntungan terhadap biaya lebih besar. Farmer’s share terbesar diperoleh pada saluran pemasaran I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saluran pertama adalah saluran yang paling efesien karena memiliki biaya terkecil dan dengan keuntungan yang besar.
Unduhan
Referensi
Aisyah, A., Mihrani, M., & Nur, K. (2020). Analisis Distribusi Dan Margin Pemasaran Ayam Broiler Dengan Pakan Herbal Di Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep. Agrokompleks: Jurnal Teknologi Perikanan, Perkebunan dan Agribisnis, 20(1), 7-15.
Badan Pusat Statistik Indonesia (2020). Indonesia Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Indonesia.
Hafidz, M. (2020). Analisis Margin Pemasaran Telur Ayam Ras Di Peternakan Subur Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Musyafir, M. (2018). Marjin Dan Efesiensi Pemasaran Ayam Broiler Di Pt. Nusantara Inti Satwa Di Kabupaten Bima (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Nasution, A. S. (2019). Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Binjai.
Prasetyo, A. F., & Fatah, B. A. (2019). Analisis Saluran Pemasaran Ayam Buras Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 2(2), 57-62.
Purwanto, I., & Hadi, T. H. S. S. (2018). Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Sari, N. P. (2020). Hukum Islam Tentang Sistem Upah Karyawan Ayam Geprek (Studi Pada Ayam Geprek Hani Sukarame, Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Simanjuntak, A. G. F., Hartama, D., & Kirana, I. O. (2018). Penerapan Spk Dengan Wsm Untuk Menentukan Faktor Rendahnya Minat Beternak Ayam Broiler. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) (Vol. 1, No. 1).
Sugiyono (2017). Pengaruh Citra Merek, Keragaman Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk Cabang Jakarta Selatan. IKRA- ITH EKONOMIKA, 3(3), 55-63.
Suriawati, S. (2020). Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Manggis 5% Terhadap Performa Ayam Broiler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner, 4(2), 39-43.
Vernida, M., & Marlius, D. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Cempaka Mitra Nagari Padang.
Wafi, S. A. M. (2020). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Ubi Jalar (Studi Kasus Di Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1).
Wahyudi, V. (2020). Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Wortel Di Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat (Doctoral Dissertation,Umsu).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Nasir, Sitti Zubaidah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article under licence: CC Attribution-ShareAlike 4.0