Pengaruh Pengaplikasian Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Guna Meningkatkan Motivasi Literasi Pengetahuan Siswa
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Mobile LearningAbstract
Penelitian iini ibertujuan iuntuk imendeskripsikan ipeningkatan ikemampuan iberliterasi isiswa isetelah ibelajar imenggunakan imedia ipembelajaran iberbasis iMobile iLearning ipada ibidang istudi iBahasa iIndonesia, idan iuntuk imengetahui iapakah imedia ipembelajaran iMobile iLearning iberpengaruh iterhadap ikemampuan iliterasi isiswa isetelah ibelajar i imenggunakan imedia ipembelajaran iberbasis iMobile iLearning ipada ibidang istudi iBahasa iIndonesia. iAdapun ipendekatan iyang idigunakan ipada ipenelitian iini iadalah ipendekatan i ikuantitatif idengan imetode iyang idigunakan iadalah imetode ipenelitian ipra-eksperimental, iyaitu ihanya imenggunakan ikelompok ieksperimen isaja itanpa iadanya ikelompok icontrol idan ipembimbing. iDesain ipenelitian iyang idigunakan iadalah iOne iGrup iPretest-Posttest iDesain. iAdapun iteknik ipengumpulan idata iyang idigunakan iyaitu ites, iobservasi, idan idokumentasi. iTeknik ianalisis idata idengan imenggunakan ianalisis idata istatistic ideskriptif, iuji inormalitas, iuji it-tes, iuji ihipotesis, idan iUji iN-gain. iHasil ipenelitian iini imenunjukkan iterdapat ipengaruh iyang isignifikan iterhadap ihasil ibelajar isebelum idan isesudah ites ipersentase ipeserta ididik iyang ituntas ipada ipretest i3% idan ipresentase ipeserta ididik iyang ituntas ipada iposttest isebesar i100%. iDapat idisimpulkan ibahwa iH0 iditolak idan iH1 iditerima. iArtinya iterdapat ipengaruh iyang isignifikan iantara imedia ipembelajaran iberbasis iMobile iLearning iterhadap ihasil ibelajar ipeserta ididik ipada imateri iteks iresensi.