Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Irhamna Irhamna Universitas Almuslim
  • Nia Astuti Universitas Almuslim

Keywords:

Bahasa Indonesia, karakter siswa, pembelajaran multiliterasi

Abstract

Penelitian pembelajaran multiliterasi dalam hal peningkatan karakter ini lakukan karena kondisi siswa SMA Negeri 2 Peusangan khususnya kelas X IPS 1 masih kurang dalam hal karakter dan sikap. Oleh sebab itu, peneliti memilih pembelajaran multiliterasi sebagai wahana yang dianggap tepat untuk memberikan manfaat dalam peningkatan karakter siswa juga membentuk pemikiran yang lebih kritis dan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindak kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Peusangan mampu untuk memahami pembelajaran multiliterasi dengan baik serta terjadinya peningkatan karakter. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siklus I dan siklus II. Hasil peningkatan tertinggi yaitu pada karakter datang kesekolah dengan tepat waktu dan selalu berpakaian rapi yang awalnya hanya 55,17% menjadi 72,41% pada kategori 4 (tertinggi), kemudian pada karakter jujur dan mengatakan sesuatu sesuai dengan fakta yang awalnya 44,82% menjadi 79,31% pada kategori 4 (tertinggi) dan juga pada karakter menghormati guru dengan baik selayaknya orang tua dirumah yang dari awalnya 65,51% menjadi 75,84% pada kategori 4 (tertinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irhamna Irhamna, Universitas Almuslim

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Irhamna, I., & Astuti, N. . (2021). Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 2(1), 8–14. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/787