EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN AMPOEN CHIEK PEUSANGAN

Penulis

  • Muhammad Rizal Universitas Almuslim
  • Muhammad Iqbal
  • Najmuddin Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Pembelajaran, Tahfizh Alquran, Pendidikan Karakter

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan agama, Khususnya pembelajaran Tahfidz Alqur’an, dan pembentukan karakter santri melalui pendidikan. Pendidikan adalah sebuah proses yang tidak berkesudahan yang sangat menentukan karakter bangsa pada masa kini dan masa datang. Apakah suatu bangsa akan muncul sebagai bangsa yang berkarakter baik atau bangsa berkarakter buruk, sangat tergantung pada kualitas pendidikan yang dapat membentuk karakter anak bangsa tersebut. Pembelajaran tahfidz di Taman Pendidikan Alqur’an Ampoen Chiek Peusangan terbilang sangat unik, selain waktu belajarnya di waktu shubuh juga dilaksanakan di waktu siang setalah anak-anak pulang sekolah. Bila ditinjau dari perkembangan psikologi si anak, terasa program tahfidz ini tidak mungkin diikuti oleh anak-anak usia SD, karna mengingat kelelahan anak-anak pulang dari sekolah mengakibatkan mereka tidak focus dalam menghafal Alqur’an di siang hari. Tapi Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi dan dorongan dari orang tua, mereka mampu mencapai target hafalan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Rizal, Universitas Almuslim

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Muhammad Iqbal

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Najmuddin, Universitas Almuslim

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Rizal, M., Iqbal, M., & Najmuddin. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN AMPOEN CHIEK PEUSANGAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(3). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/519

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama