PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN PADA KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PEUSANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Ermi Mauli

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan matematika adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah selama ini berorientasi pada guru. Di sisi lain, pada pembelajaran matematika sendiri juga ditemukan keragaman masalah sebagai berikut:Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran masih belum tampak, para siswa jarang mengajukan pertanyaan, walaupun guru sering meminta agar siswa bertanya jika ada hal-hal yang belum jelas dan kurang paham, peaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan pada proses pembelajaran juga masih kurang, kurangnya keberanian siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas. Untuk mengatasi permasalahan di atas, salah satu usaha yang harus dilakukan guru matematika adalah mengoptimalkan keberadaan siswa sebagai objek dan sekaligus subjek pembelajaran. Karena itu penulis mencoba mengadakan suatu penelitianTindakan kelas yang berjudul” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah  Kelas VII/4 SMP Negeri 2 Peusangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil pengolahan data pada siklus I menunjukkan bahwa siswa belum tuntas dalam belajar, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang hanya 73,33% siswa yang tuntas belajar. Namun pada siklus II pembelajaran kooperatif tipe TPS sudah efektif untuk diterapkan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian pada siklus II yang menunjukkan bahwa ada tiga aspek efektivitas dari empat aspek yang dinilai efektif, dengan syarat aspek ketuntasan belajar terpenuhi yaitu ketuntasan belajar (siswa tuntas sebanyak 86,67%), kemampuan guru mengelola pembelajaran (setiap aspek berada pada kategori baik dan sangat baik), dan aktivitas siswa (baik). Berdasarkan hasil-hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapatMeningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah Kelas VII/4 SMP Negeri 2 Peusangan”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ermi Mauli

SMP Negeri 2 Peusangan

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Mauli, E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN PADA KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PEUSANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/905

Issue

Section

Artikel Penelitian