Konversi Media Pembelajaran Rasulullah di Era Society 5.0
Keywords:
Konversi, Media, Rasulullah Saw, Society 5.0.Abstract
Media pembelajaran adalah alat bantu atau sarana yang dijadikan sebagai perantara komunikasi untuk menyampaikan materi. Media pembelajaran telah ada sejak masa Rasulullah Saw. Penelitian mengakaji terkait media masa Rasulullah yang dikonversikan di masa sekarang. Penelitian ini merupakan kajian kepustkaan (library risearch) mengkaji ayat, hadits dan literatur Islam yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berupa media keteladanan dari prilaku Rasulullah sendiri, tangan, lidah, jari-jari, langit dan bumi serta gunung, matahari dan bulan, gambar dan lain-lain, sehingga para sahabat hafal Al-Qur’an, faham dan menguasai kandungannya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di era society saat ini media telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dimana sudah tidak ada jarak, telah mendunia yang harus pula diikuti oleh semua pendidik untuk mengakses teknologi modern tersebut dalam proses penggunaan media pembelajaran, termasuk pendidikan agama. Jika dikonversikan media pendidikan pada masa Rasulullah meskipun sudah 14 abad yang lalu masih dapat dilaksanakan oleh guru sampai sekarang dengan cara dikolaborasikan dengan perkembangan media pendidikan kontemporer, antara lain berupa grafik, bagan, tulisan, poster, peta, globe, ada juga yang diproyeksikan: video, audio, film, power point dan lain-lain yang berisi materi dan nuansa keislaman. Media pendidikan sangat penting dilaksanakan dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk memudahkan memahamkan materi pendidikan pada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam, yaitu “manusia sempurna”.
Downloads
References
Al-Quran.
Abdul Fattah Abu Ghuddah, 2009. 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Al-Hafidz Abu Abdullah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, 2004. Sunan Ibnu Majah, Jilid I, Beirut: Dar alFikr.
Al-Imam al-Hafidz Abdurrahman Ahmad bin Syuaib an-Nasai, 1999. Sunan Nasai, Beirut: Dar Ibnu Hazm.
Azhar Arsyad, 2005. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo, Persada.
Basyiruddin Usman, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press.
Bukhari Umar, 2012. Hadits Tarbawi, Jakarta: Amzah.
M. Ramli, 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran, Cet. ke-1, Banjarmasin: Antasari Pers.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2002. Media Pengajaran, Cet. ke-5, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ramayulis, 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Cet. ke-3, Jakarta: Rineka Cipta.
Umi Rosyidah, Dkk, 2008. Active Learning dalam Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press.
Abdul Halim Ibrahim dalam al-Tarbiyah wa al-Ta’lim.
Abu Yahya Marwan Bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, Jilid 2, dalam www.tafsir.web.id. t.t.
Al- Bukhary, Shahih bukhari.
Zakiah Daradjat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, t.t.
Iqbal, Muhammad, et al. Implementation of School Culture Based of Islamic Sharia in Senior High School in the District Peusangan Bireuen. Academic Research International, 2014, 5.6: 304.
______________, et al. The Strengthening of Character in Boarding Schools Based Technology in Lhouksemawe, Northern Aceh Indonesia. In: The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020). Atlantis Press, 2021. p. 682-687.
M. Ramli, Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 13 No. 23 April 2015.
Mihmidaty Ya’cub, Media Pendidikan Perspektif Al-Qur’an Hadits dan Pengembangannya, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4, No. 2, Desember 2018.
Zainal Abidin, Wawasan Hadits Tentang Alat dan Media Pendidikan, Jurnal Ansiru PAI Vol. 2 No. 2. Juli-Desember 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anida, Ahmed Al Khalidi, Muhammad Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.