PEMBELAJARAN ARIAS SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ZAKAT FITRAH DAN MAL PADA SISWA KELAS IX-6 SMP NEGERI 3 BIREUEN
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Metode ARIAS.Abstrak
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran ARIAS? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran ARIAS. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran ARIAS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX/6 SMP Negeri 3 Bireuen. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai Siklus II yaitu, siklus I (63,63%), dan Siklus II (90,90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode ARIAS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IX/6 SMP Negeri 3 Bireuen Kabupaten Bireuen, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.