Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Disiplin Dan Inovasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bireuen
Keywords:
Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Disiplin dan Inovasi SiswaAbstract
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat merupakan salah satu program termuat dalam kurikulum dan menjadi sarana pembelajaran diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Disiplin Dan Inovasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bireuen Untuk mengetahui dan Mendeskripsikan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Disiplin Dan Inovsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskiptif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer yang diperoleh peneliti dari hasil observasi lapangan pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Data skunder penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru penjas, pelatih kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, beberapa siswa, hasil dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) metode pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi, (2) penguasaan gerak siswa melalui proses latihan bertahap dan berulang ulang, (3) disiplin dan inovasi siswa tercipta melalui metode pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pencak silat tidak hanya berfokus pada prestasi tetapi lebih cendrung untuk meningkatkan nilai karakter siswa, seperti karakter disiplin, bertanggung jawab, akhlak mulia, dan inovatif.
Downloads
References
Agung Nugroho. 2001. Diktat Pedoman Latihan Pencak Silat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207.
Erwin Setyo Kriswanto. 2015. Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Musfah, J. 2018. Manajemen Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Mirdanda, A. 2018. Motivasi Prestasi dan Disiplin Peserta didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery
Nenggala, A, K 2006. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Grafindo Media Pratama; hal 52
Riani, A. & Purwanto, A. 2018. Ekstrakurikuler pencak silat membangun pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. ISSN: 2528-5564
Supiana, Hermawan, H., & Wahyuni, A. 2019. Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2), 193–208. https://doi .org/10.15575/isema.v4i2.5526.
Setijowati. 2017. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. 2020. Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/ 10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alyadi S, Imran Fadhil, Tawakal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.