EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN AMPOEN CHIEK PEUSANGAN

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Almuslim
  • Muhammad Iqbal
  • Najmuddin Universitas Almuslim

Keywords:

Pembelajaran, Tahfizh Alquran, Pendidikan Karakter

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan agama, Khususnya pembelajaran Tahfidz Alqur’an, dan pembentukan karakter santri melalui pendidikan. Pendidikan adalah sebuah proses yang tidak berkesudahan yang sangat menentukan karakter bangsa pada masa kini dan masa datang. Apakah suatu bangsa akan muncul sebagai bangsa yang berkarakter baik atau bangsa berkarakter buruk, sangat tergantung pada kualitas pendidikan yang dapat membentuk karakter anak bangsa tersebut. Pembelajaran tahfidz di Taman Pendidikan Alqur’an Ampoen Chiek Peusangan terbilang sangat unik, selain waktu belajarnya di waktu shubuh juga dilaksanakan di waktu siang setalah anak-anak pulang sekolah. Bila ditinjau dari perkembangan psikologi si anak, terasa program tahfidz ini tidak mungkin diikuti oleh anak-anak usia SD, karna mengingat kelelahan anak-anak pulang dari sekolah mengakibatkan mereka tidak focus dalam menghafal Alqur’an di siang hari. Tapi Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi dan dorongan dari orang tua, mereka mampu mencapai target hafalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Rizal, Universitas Almuslim

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Muhammad Iqbal

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Najmuddin, Universitas Almuslim

Pendidikan Agama Islam Universitas Almuslim

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Rizal, M., Iqbal, M., & Najmuddin. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQUR’AN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN AMPOEN CHIEK PEUSANGAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/519

Issue

Section

Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)