PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT UPTD
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak, PKBAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat UPTD Wilayah IV Bireuen. Dengan mengambil sampel penelitian sejumlah 60 wajib pajak yang memiliki kenderaan roda dua, roda tiga dan roda empat, maka diperoleh hasil bahwa 1) Kualitas Pelayanan yang telah dilaksanakan pegawai pelayanan PKB pada kantor Samsat UPTD Wilayah IV Bireuen, menurut penilaian wajib pajak mencapai 80,36%. Penilaian ini didasarkan atas dimensi Profesionalisme, attitude atau sikap, Accessibility, Reliability, Service Recovery, Services cape dan dimensi Reputation. 2). Menurut penilaian masyarakat wajib pajak PKB, menunjukkan tingkat kepuasan mencapai 82,90% dalam pelayanan pembayaran PKB pada kantor Samsat UPTD Wilayah IV Bireuen. Hal ini sudah masuk dalam kategori baik. 3). Berdasarkan uji statistik terbukti bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan wajib pajak PKB di kantor Samsat UPTD Wilayah IV Bireuen. Dengan model regresi linier sederhana: Y = 14,293 + 0,440 X. Determinasi antara pelayanan dan kepuasan sebesar (R2)= 53,8 %, artinya sebesar 53,8% kontribusi variabel Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak PKB di kantor Samsat UPTD Wilayah IV Bireuen.