UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS X GP SMK NEGERI 4 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Siti Mufarohah

Keywords:

Materi Teks Negosiasi Dengan Model Role Playing

Abstract

Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama. Menurut Hamalik, bermain peran merupakan penerapan pengajaran berdasarkan pengalaman karena siswa dapat bertindak dan mengekspresikan perasaan dan pendapat tanpa kekhawatiran mendapat sanksi. Sedangkan menurut Kenneth, Role Playing sebagai suatu model mengajar merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar dan diskusi tentang peran dalam kelompok. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Kolaboratif berarti peneliti berkerjasama dengan guru kelas X GP SMK Negeri 4 Meulaboh Tahun Pelajaran2020/2021. Penerapan Role Playing dapat meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Menulis Teks Negosiasi pada siswa kelas SMK Negeri 4 Meulaboh Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjang oleh fakta bahwa tingkat ketuntasan Keterampilan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar maupun hasil belajar telah melampaui batas ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh pihak sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Mufarohah

SMK Negeri 4 Meulaboh

Published

2023-02-03

How to Cite

Mufarohah, S. . (2023). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS X GP SMK NEGERI 4 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL LENTERA, 22(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1816