UPAYA PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PIR BATEE PUTEH V TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nurainah

Keywords:

Hasil Belajar, Pemahaman, Model, Role Playing, IPS, Budaya Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Budaya Indonesia siswa kelas V SD Negeri PIR Batee Puteh V Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model RoleĀ  Playing. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas V SD Negeri PIR Batee Puteh V Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 12 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 4 orang dan siswa perempuan sebanyak 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan februari 2020 sampai dengan April 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Kemampuan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 35.61% pada pra penelitian meningkat menjadi 66.66% pada siklus I dan meningkat menjadi 83.33%pada siklus II. Kemampuan belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Role Playing dapat Pemahaman dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Budaya Indonesia siswa kelas V SD Negeri PIR Batee Puteh V Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurainah

SD Negeri PIR Batee Puteh V Aceh Barat

Published

2022-07-25

How to Cite

Nurainah. (2022). UPAYA PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PIR BATEE PUTEH V TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1308