UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DYNAMIC GROUP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Rumawati Rumawati

Keywords:

Hasil Belajar IPS dengan Strategi Pembelajaran Dynamic Group

Abstract

Permasalahan yang dialami peneliti sewaktu mengajar di SMP Negeri 2 Meureubo pada kelas VIII terdapat kendala yaitu: kegiatan belajar mengajar masih pasif, ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menyampaikan pelajaran dengan bebicara sendiri atau mengambar sesuatu. Penerapan metode pembelajaran dynamic group dapat digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi psikologis siswa agar berani mengemukakan pendapat dan argumennya kepada siswa atau orang lain. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sering dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. peningkatan hasil belajar siswa bahwa nilai rata-rata siklus pra tindakan adalah 65,94 dengan persentase ketuntasan 47% meningkat pada sisklus I dengan rata-rata 76,72 dengan ketuntasan 75% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,19 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan nilai rata-rata 21,25 poin dengan peningkatan persentase ketuntasan 53%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rumawati Rumawati

SMP Negeri 2 Meureubo

Published

2023-02-03

How to Cite

Rumawati, R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DYNAMIC GROUP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL LENTERA, 22(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1811