PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL SISWA PEMBELAJARAN PAI MATERI PERILAKU JUJUR DI KELAS IV SD NEGERI 7 KUALA
Keywords:
Hasil Belajar, PBL, Perilaku Jujur dan Amanah.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari siswa yang tidak mampu menjelaskan, menguraikan, merangkum, menyimpulkan materi perilaku jujur dan amanah, maka tertarik menggunakan strategi PBL untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa, aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL di kelas IV SD Negeri 7 Kuala pada materi perilaku jujur dan amanah. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri 7 Kuala berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal, lembar observasi dan angket. Teknik analisis menggunakan persentase ketuntasan dan persentase observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari segi hasil belajar siswa ini dasarkan pada siklus I sebesar 50% dan mengalami peningkatan sebesar 80 pada siklus II. Hasil aktivitas selama proses pembelajaran diperoleh peningkatan persentase aktivitas guru sebesar 83% pada siklus I meningkat menjadi siklus II sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 83% meningkat menjadi 92% untuk siklus II.