MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Ramdani

Kata Kunci:

Time Token, Picture Puzzle,Bioteknologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi model pembelajaran time token dengan picture puzzle pada materi bioteknologi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Meureubo KabupatenAceh Barat.Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran IPA, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan picture puzzlemengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I aktivitas siswa diperoleh 15,15 (Kurang) meningkat siklus II yaitu 21,68 (Baik) sampai puncaknya siklus III diperoleh 29,45 (Baik Sekali). 2). Hasil belajar IPA melalui kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan picture puzzleranah kognitif dan afektif mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada Pra siklus diperoleh hasil persentase nilai siswa yang telah mencapai KBM sebesar 31,25%, sedangkan pada siklus I diperoleh persentase nilai siswa yang telah mencapai KBM sebesar 68,8% dan pada puncaknya pada siklus II adalah 100%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi pembelajaran kooperatif tipe time token dengan picture puzzle efektif diterapkan pada materi bioteknologi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ramdani

SMP Negeri 2 Meureubo

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-03

Cara Mengutip

Ramdani, R. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL LENTERA, 22(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1810

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.