UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI SMK NEGERI 2 MEULABOH MELALUI WORKSHOP DI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kata Kunci:
Workshop, Kinerja, Guru, KKMAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal di SMK Negeri 2 Meulaboh Melalui Workshop di Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah lakukannya workshop mengenai pengenalan Manfaat penerapan teknologi dalam pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Meulaboh melalui Workshop di Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru SMK Negeri 2 Meulaboh melalui Workshop di Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah guru sebanyak 55 orang. Jumlah guru laki-laki adalah sebanyak 29 orang dan guru perempuan sebanyak 26 orang. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari sampai dengan April 2021 pada semester genap. Data yang diperoleh berasal dari guru SMK Negeri 2 Meulaboh melalui Workshop di Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan supervisi manajerial terhadap guru atau melakukan kunjungan kelas, melakukan penilian terhadap persiapan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dan melakukan penilian terhadap tanggung jawab guru.Alat pengumpulan data yaitu melalui daftar penilaian supervisi, daftar pembinaan guru dan daftar wawan cara guru.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan cara observasi dan refleksi melalui pengamatan terhadap pemahaman dan peningkatan kinerja guru. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase pemahaman dan kinerja guru Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dari 83.75 pada siklus I meningkat menjadi 93,25 pada siklus II. Melalui Workshop Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal di SMK Negeri 2 Meulaboh melalui Workshop di Tahun Pelajaran 2020/2021.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tarmidhi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0