PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTEDINDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI SPOOF TEXT DI KELAS XI IIS.2 SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA

Authors

  • admin admin

Abstract

Hasilbelajarsiswa di sekolahmasihbanyak yang mengalamimasalah, terutamahasilbelajaryamasihrendah. Hal disebabkan oleh berbagaisebab, diantaranyamasihada guru yang belummampumenggunakanmetode yang benar. Peneltianinidilaksanakanselama 3 bulandaribulanJanuarisampaidenganMaret 2021 di SMA Negeri 5 Aceh Barat Dayayang bertujuanuntukmengetahuipeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI pada materiasking and giving for opinion pelajaranbahasaInggrisdenganmenggunakan model SFAE pada SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Penelitianinidilaksanakan di kelas XI Negeri 5 Aceh Barat Dayayang jumlahsiswanya25 orang siswasebagaisubjekpenelitian, untukmemperoleh data penulismenggunakanteknikpengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpuldenganbaikdiolah dan dianalisdengancaramembandingkanantarasiklus I dan siklus II. Hasil penelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatanhasilbelajarsiswakelas XI Negeri 5 Aceh Barat Dayapada asking and giving for opiniondenganmenggunakan model SFAE. Hal initerbukti pada siklus I, siswa yang mencapaiketuntasanbelajarsebanyak76,00% (19siswa), dan siswa yang belumtuntassebanyak24,00% (6siswa), sedangkan pada akhirsiklus II, sebanyak 96,00% (24siswa) dan sebanyak4,00% (1 anak) belummencapaiketuntasanbelajar. Adapun hasil non tespengamatan proses belajarmenunjukkan bahwa pada aktifitas siswa siklus I siswa mendapat katagori baik dan pada siklus II meningkat aktifitas siswa menjadi sangat baik,begitu juga pada proses belajar mengajar guru mengalami perubahan lebih baik. Dengan adanya metode SFAE Perubahan terjadisiswalebihaktifselama proses pembelajaranberlangsung.

 

 Kata Kunci: Model PembelajaranKooperatif, SFAE, Hasil BelajarSiswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-24