Clustering User Sentiment Transportasi Online Gojek Dan Grab Dengan Metode K-Means

Penulis

  • Dyno Syaiful Annam Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Agustia Hananto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tukino Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2165

Kata Kunci:

transportasi online, google play, clustering, k-means, rapidminer

Abstrak

Sebagai layanan transportasi online, masyarakat sering membicarakannya dengan memberikan pendapatnya melalui berbagai media sosial, salah satunya Google Play opini yang diberikan oleh masyarakat terhadap layanan trasportasi online juga beragam. Pengguna memberikan ulasan mengenai aplikasi tersebut, tentunya pengguna akan memilih aplikasi yang memiliki ulasan yang baik. Namun memantau dari ulasan masyarakat umum tidaklah mudah, karena jumlahnya sangat banyak untuk diolah sehingga peneliti ingin mendapat informasi yang tepat dan akurat dari ulasan user Gojek dan Grab menggunakan teknik clustering yaitu dengan metode K-means menggunakan aplikasi rapidminer. Hasil pengujian dari kedua aplikasi tersebut dapat di simpulkan bahwa gojek dan grab mendapatkan ulasan yang tidak begitu berbeda jauh walaupun grab lebih baik ulasannya, Klasisfikasi menggunakan metode K-Means memberikan solusi terhadap permasalahan analisis sentimen dalam ulasan pengguna aplikasi Transportasi online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anon. n.d. “255-Article Text-712-1-10-20230218.”

April Lia Hananto, and Bayu Priyatna. n.d. “RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI HARGA PRODUK PANGAN DAN SEMBAKO DI PASAR KAB. KARAWANG.”

Apriliani, Alma, Muhammad Budhiluhoer, Asep Jamaludin, and Kamal Prihandani. 2020. Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Transportasi Online. Vol. 2.

Aziah, Ayu, ) Popon, Rabia Adawia, and Cara Sitasi. 2018. “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online Di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia).” Cakrawala 18(2):149–56. doi: 10.31294/jc.v18i2.

Bisnis Berbasis E-Commerce, Pengembangan, Baenil Huda, and Bayu Priyatna. 2019. Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk. Vol. 1.

Djaka Permana, Muhamad, April Lia Hananto, Elfina Novalia, Baenil Huda, and Tukino Paryono. 2023. “Klasterisasi Data Jamaah Umrah Pada Tanurmutmainah Tour Menggunakan Algoritma K-Means.” Jurnal KomtekInfo 15–20. doi: 10.35134/komtekinfo.v10i1.332.

Faktor, Analisis, Yang Mempengaruhi, Penumpang Angkutan, Umum Beralih, Ke Transportasi, Online Go-Jek, Muhammad Ilyas Sahputra, Agung Triayudi, and Albaar Rubhasy. 2022a. “Metode K-Means Clustering.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 6(1):2022. doi: 10.35870/jti.

Faktor, Analisis, Yang Mempengaruhi, Penumpang Angkutan, Umum Beralih, Ke Transportasi, Online Go-Jek, Muhammad Ilyas Sahputra, Agung Triayudi, and Albaar Rubhasy. 2022b. “Metode K-Means Clustering.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 6(1):2022. doi: 10.35870/jti.

Hilabi, Shofa Shofia, Universitas Buana, Perjuangan Karawang, and Baenil Huda. 2019. TechnoXplore Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi. Vol. 4.

Informasi, Sistem, and Stmik AKAKOM Yogyakarta. 2016. KLASIFIKASI DATA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK MENUNJANG PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN Totok Suprawoto. Vol. 1.

Kadir, Abdul. 2006. TRANSPORTASI: PERAN DAN DAMPAKNYA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL.

Khaerudin, Muhammad, and Imam Zaenuddin. 2022. Prediksi Barang Sering Dan Jarang Terjual Dengan Menggunakan Algorithma K-Mean Clustering (Studi Kasus Toko Bina Mulia). Vol. 3.

Lia Hananto, April, Sarina Sulaiman, Sigit Widiyanto, and Aviv Yuniar Rahman. 2021. “Evaluation Comparison of Wave Amount Measurement Results in Brass-Plated Tire Steel Cord Using RMSE and Cosine Similarity.” Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science 22(1):207. doi: 10.11591/ijeecs.v22.i1.pp207-214.

Masruroh, Siti, and Daryanto Herdiana. 2021. “Applying the Prototype Model into the Electronic Reporting System for the Elementary School Student Base on Android.” Buana Information Technology and Computer Sciences (BIT and CS) 2(1).

Nazuah, Silvana, Shofa Shofia Hilabi, Agustia Hananto, Baenil Huda, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, and Universitas Buana Perjuangan Karawang. 2023. “Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode K-Means Clustering Menggunakan Orange Selection of Scholarship Recipients Using the K-Means Clustering Method Using Orange.” 8(1):18–27. doi: 10.32528/justindo.v8i1.212.

Priyatna, Bayu, April Lia Hananto, Muhammad Nova, Program Studi Sistem Informasi, and Universitas Buana Perjuangan Karawang. 2020. Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development. Vol. 2.

Ratna Sari, Yunita, Arby Sudewa, Diah Ayu Lestari, and Tri Ika Jaya. 2020. PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA KEMISKINAN PROVINSI BANTEN MENGGUNAKAN RAPIDMINER. Vol. 5.

Shofa Shofiah Hilabi, S. Kom,M. Kom, and S. Kom,M. Kom Priati. 2018. “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN APLIKASI MEDIA SOSIAL WhatsAppMOBILE ONLINE.” Buana Ilmu 3:122–36.

Silalahi, Shilvia L. Br, Putu W. Handayani, and Qorib Munajat. 2017. “Service Quality Analysis for Online Transportation Services: Case Study of GO-JEK.” Pp. 487–95 in Procedia Computer Science. Vol. 124. Elsevier B.V.

Sokat, Cipta Ibnu, Baenil Huda, Siti Masruroh, and Usup Supendi. 2020. “Seminar Nasional Hasil Riset Prefix-RTR APLIKASI LAYANAN PUBLIK BERBASIS ANDROID PADA KANTOR KELURAHAN KABUPATEN KARAWANG.”

Unduhan

Diterbitkan

22-08-2023

Cara Mengutip

Annam, D. S., Hananto, A., Nurapriani, F., & Tukino, T. (2023). Clustering User Sentiment Transportasi Online Gojek Dan Grab Dengan Metode K-Means. Jurnal Tika, 8(2), 164–171. https://doi.org/10.51179/tika.v8i2.2165