PENGARUH WORD OF MOUTH, VARIETY SEEKING DAN STATUS SOSIAL TERHADAP BRAND SWITCHING
Kata Kunci:
Word of Mouth, Variety Seeking, Status Sosial dan Brand SwitchingAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah menguji word of mouth, variety seeking dan status sosial terhadap brand switching pada pengguna smarthphone yang berpindah dari Android ke iPhone di Kota Lhokseumawe. Populasi di dalam penelitian ini adalah pengguna smarthphone yang pernah melakukan perpindahan merek dari Android ke iPhone di Kota Lhokseumawe, sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Jenis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk cross section data yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan Uji t, ditemukan bahwa word of mouth memiliki nilai thitung (4,159) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05 maka word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching, variety seeking memiliki nilai thitung (2,200) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,030) < 0,05 sehingga variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching dan status Sosial memiliki nilai thitung (6,441) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05, maka status sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Hasil Uji F menemukan bahwa Fhitung (29,179) > Ftabel (2,70) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 maka word of mouth, variety seeking dan status sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap brand switching. Adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap brand switching yaitu status sosial