Analisis Physical Burden, Emosional, Kognitif Dan Interpersonal Terhadap Pembelajaran Hybrid Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa UNIKI Lhokseumawe
Keywords:
Physical Burden, Emosional, Kognitif dan Interpersonal terhadap Pembelajaran Hybrid Masa Pandemi Covid-19Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Belum adanya suatu pengukuran terhadap efektifitas pembelajaran hybrid terhadap dosen dan mahasiswa. Bagaimana memberikan masukan serta perbaikan jika ditemukan masalah pada pembelajaran hybrid terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai beriku Mengukur dan mengkaji permasalahan dan efektifitas pembelajaran hybrid terhadap mahasiswa UNIKI. Mengukur keberhasilan pembelajaran hybrid terhadap mahasiswa dan dosen. Memberikan suatu solusi dan masukan jika ditemukan permasalahan terhadap pembelajaran hybrid pada mahasiswa UNIKI. Populasi pada penelitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa UNIKI sebanyak 120 orang. Metode penentuan sample ada penelitian ini adalah metode sensus dimana semua populasi dijadikan sampel untuk penelitian. Data primer, merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber utamanya dengan menggunakan kuesioner dan wawancara oleh peneliti kepada Responden penelitian, dalam hal ini adalah dosen dan mahasiswa UNIKI. Data sekunder, diperoleh melalui studi dokumentasi dari berbagai tulisan, artikel, jurnal, surat kabar, informasi dari perusahaan maupun internet yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres kerja yang dilihat dari empat variabel penilaian yaitu Physical Burden, Emotional, Kognitif dan Interpersonal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif. Analisis ini digunakan sesuai dengan perumusan model dan permasalahan yang ada, selain analisis tersebut pada bab ini akan menyajikan karakteristik responden, pengkategorian variabel penelitian dan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap stres kerja karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKI bahwa nilai indeks stres kerja yang dialami karyawan saat ini adalah 65.20 berada pada kategori sedang berdasarkan beban kerja Physical Burder, Emotional, Kognitif dan Interpersonal. Artinya, karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKI cukup memiliki stres kerja namun masih bisa diatasi apabila ada manajemen yang baik
Downloads
References
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Almasitoh, U.H. 2011. Stres Kerja Ditinjau dari Konflik Peran Ganda dan Dukungan Sosial Pada Perawat. Jurnal Psikologi Islam.8 (1).
Ambarwati, D. 2014. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stres Perawat IGD dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Anoraga, Pandji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Aprianti, Rina. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja pada Dosen Tetap di Stikes Y Bengkulu. Jurnal: Sain dan Kesehatan. Vol: (No 1 (2018).
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basuki. 2009. Hubungan Antara Stres Kerja dengan Gangguan Kesehatan Perawat di IRD RSVP DR. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal. Burhanuddin, TD. 2018. Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Kinerja Melalui Stres Kerja. Jurnal: Organisasi dan Manajemen. Issue 1(Agustus, 2018).
Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Dewi Anggraeni Anita, Yuliani Setyaningsih, Suroto. 2017. Hubungan antara Karakteristik Individu dan Intrinsik dengan Stres Kerja pada Pekerja Sandblasting. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 5, Nomor 3, Juli 2017
Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmalawati, Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.