Analisis Penerapan Metode Case Based Learning pada Jurusan Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
Kata Kunci:
Analisis Penerapan Metode Case Based LearningAbstrak
Case base learning (CBL) merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek pada tahun 2021. Metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang nyata dan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini juga diharapkan dapat memacu dosen menciptakan kelas yang lebih efektif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form sebagai instrumennya. Partisipan dalam penelitian ini adalah 8 orang dosen yang mengajar di Fakultas Managemen, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Metode pembelajaran ini baru digunakan dalam mengajar pada semester ganjil 2023/2024 di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Dalam implementasi metode pembelajaran ini, dosen merasa bahwa manfaat menggunakan CBL namun juga menghadapi beberapa kendala. Manfaat yang dirasakan adalah, mahasiswa terlihat lebih “engage/terlibat” ketika bekerja dalam tim, kasus tentang masalah kehidupan nyata memberikan siswa perspektif mengenai masalah yang dapat mereka harapkan di bidangnya di masa depan dan bagaimana cara mengatasinya serta kemungkinan siswa melupakan keterampilan dan informasi yang diperoleh melalui pembelajaran yang dipersonalisasi melalui CBL jauh lebih rendah dibandingkan ketika mereka hanya mendengarkan secara pasif di kelas. Sedangkan kendala yang dirasakan dosen adalah pembelajaran case based sangat memakan waktu dari para dosen, tidak semua informasi/materi dapat diberikan dengan metode ini, bila dibandingkan dengan metode yang tradisional misalnya ceramah (satu arah), menciptakan scenario dan rencana pembelajaran yang menyerupai keadaan asli di masyarakat agar siswa mampu mengaitkan apa yang dipelajari dengan situasi yang sebenarnya juga menjadi kendala dalam menngunakan case based learning.
Unduhan
Referensi
Ertmer, P.A. dan J. D. Rusell, “Using case studies to enhance instructional design,” Educational Technology, vol. 35, no. 4, pp. 23-31, 1995.
Jamaluddin, J., Iqbal, M., Patria, A., Yahya, Z., & Jahidin, T. (2022). Analisis Partisipasi Anggaran dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada BPKD Kabupaten Bireuen. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 414-420.
Nurazmi, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Whatssapp dan Metode Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. Hijai – Journal on Arabic Language and Literature, 03(02).
Nurman, Ali. Yuniastuti, E. Pinem, M. Berutu, N. Rahmadi, M.T. Maulia, T. Ginting, M.R.P. Saqina, D. (2022). Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, Vol.10 (2): 137-143
Sahertian, P., Huda, C., Leondro, H., Kusumawati, E. D., Kurniawati, M., Hakim, A. R., Triwahyuningtyas, D., & Susanti, R. H. (2022). Evaluasi Dampak Implementasi MBKM Terhadap Proses Belajar Mengajar di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 86–94. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6486
Sudzina, M. R. “case study as a constructivist pedagogy for teaching educational psychology”, Educational Psychology review, vol. 9, no. 2, pp.199-218, 1997.
Yadav, D. Subedi, M. A. Lundeberg, dan C. F. Bunting, “Problem based-learning: influence on students’ learning in an electrical engineering course”, journal of engineering education, vol. 100, no. 2, pp. 253-280, 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fajrinur
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.