PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VUPTD SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN

Authors

  • Herawati SD Negeri 9 Peusangan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi hubungan gaya dan geak menggunakan model Problem Based Learning di kelas V UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan.Untuk mendiskribsikan peningkatan aktivitas guru dan peseta didik pada materi asmaul husna menggunakan model Problem Based Learning di kelas V UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan.Untuk mendiskribsikan respon peserta didik pada materi asmaul husna menggunakan model Problem Based Learning di kelas V UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan.Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Sumber data penelitian adalah siswa kelasV berjumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar akhivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siklus I sebesar61,90% meningkat menjadi 95,24% pada siklus II. Penggunaan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada kelas V UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Adanya peningkatan aktivitas guru selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 70% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 94% pada siklus II. Sedangan peningkatan aktivitas peserta didik selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 68% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 92% pada siklus II. Penggunaan model PBL dapat memberikan dampak yang baik bagi peserta didik sebesar 82% pada kriteria “setuju”  sedangkan “tidak setuju” sebesar 18,10%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Herawati, SD Negeri 9 Peusangan

SD Negeri 9 Peusangan

References

Anindyta, P., & Suwarjo, S. 2014. Pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri peserta didik kelas V.Jurnal Prima Edukasia,2(2), 209-222.

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Arikunto.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, N. 2019. Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar.Jurnal Tunas Bangsa,6(1), 104-114.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haryati, T. D. 2013. Kematangan emosi, religiusitas dan perilaku prososial perawat di rumah sakit.Persona: Jurnal Psikologi Indonesia,2(2).

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, Y. 2014.Memaknai pesan spiritual ajaran agama dalam membangun karakter kesalehan sosial. Bandung Institute of Technology.

Rasidah, R., Iqbal, M., & Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,6(1), 176-196.

Rusman, E., Van Bruggen, J., Sloep, P., & Koper, R. (2010). Fostering trust in virtual project teams: Towards a design framework grounded in a TrustWorthiness ANtecedents (TWAN) schema.International journal of human-computer studies,68(11), 834-850.

Rusyanti, Hetty.2013. Pengertian Pembelajaran matematika. [online] tersedia: http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran matematika.html

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soyomukti, N. 2015. Teori-Teori Pendidikan-Dari Tradisional,(Neo) Liberal.Marxis-Sosialis, Hingga.

Susanto, E. H. 2015. Discourse Analysis Construction of Reality of the Balibo Five Case in the Balibo Movie.International Journal of Asian Social Science,5(10), 551-560.

Trianto, A. 2015. Analisis laporan keuangan sebagai alat untuk menilai kinerja keuangan perusahaan pada PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim.Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini,8(3), 1-10.

Tursinawati, T., & Noviyanti, A. 2013. Relevansi sikap ilmiah peserta didik dengan konsep hakikat sains dalam pelaksanaan percobaan pada pembelajaran PAI di SDN Kota Banda Aceh.Jurnal Serambi Ilmu,13(2), 70-80.

Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Herawati. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VUPTD SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2938

Issue

Section

Artikel Penelitian