Analisis Penerapan Machine Learning Untuk Optimalisasi Sistem Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Safriatullah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Rizki Auliadi Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Rahmat Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Keywords:

Machine Learning, Pembelajaran Daring, Personalized Learning, Optimalisasi Pembelajaran, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan machine learning untuk optimalisasi sistem pembelajaran daring di perguruan tinggi menggunakan pendekatan mixed method. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 500 mahasiswa dan 100 dosen dari lima perguruan tinggi, analisis log data pembelajaran selama dua semester, serta wawancara mendalam dengan 20 stakeholder kunci. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam efektivitas pembelajaran, dengan 78.5% responden melaporkan peningkatan setelah penerapan sistem berbasis machine learning. Implementasi sistem menghasilkan peningkatan engagement mahasiswa sebesar 35.8% dan peningkatan rata-rata nilai akademik sebesar 9.5%. Personalized Learning Path menjadi fitur paling efektif dengan tingkat adopsi 82.5% dan kepuasan 85.3%. Tantangan utama implementasi meliputi infrastruktur teknologi (65%), masalah integrasi sistem (42.3%), dan adaptasi pengguna (47.2%). Analisis korelasi menunjukkan hubungan kuat antara kesiapan infrastruktur dengan keberhasilan implementasi (r = 0.82, p < 0.01). Penelitian merekomendasikan pengembangan roadmap implementasi bertahap, program pelatihan komprehensif, dan framework evaluasi berkelanjutan untuk optimalisasi sistem pembelajaran berbasis machine learning di perguruan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Safriatullah, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Rizki Auliadi, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Rahmat, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

References

Abadi, T. W., Arifin, M., Riyadh, A., Balamar, U., & Choiriyah, I. U. 2024. Buku Ajar Governance Digital Berbasis Riset Anggota IKAPI Nomor: 218 / Anggota Luar Biasa / JTI / 2019 Diterbitkan oleh Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo ISBN: 978-623-464-102-8 Copyright © 2024 Authors All rights reserved.

Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2024). Evaluasi Efektivitas Sistem Umpan Balik Berbasis AI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 122–136.

Fadhillah Rashidatul A’la, Z. F. (2024). Perbandingan Algoritma Decision Tree dan Deep Learning dalam Prediksi Masalah Kesehatan berdasarkan Kebiasaan Gaya Hidup Fadhillah Rashidatul A’ la, Zaehol Fatah Universitas Ibrahimy, Indonesia lifestyle habits; health prediction; decision tree; dee. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(10).

Melinda, L. D., Harto, B., & Homan, H. S. (2024). Integrasi Teknologi Informasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia: Sebuah Studi Kualitatif tentang Dampaknya pada Kinerja Keuangan Perusahaan. February. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1820

Widyaningrum, A., Ratnasari, D., Amin, A., Pratama, & Veron. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 237–246.

Zalukhu, H., Prastiyanto, K. W. D., Subarkah, A., Ramadhan, I., & Ramadhan, N. R. (2024). Penggunaan Machine Learning dalam Startup dengan Pemanfaatan Smart Pls. Jurnal Mentari: Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 111–122.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Safriatullah, Auliadi, R., & Rahmat. (2024). Analisis Penerapan Machine Learning Untuk Optimalisasi Sistem Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(4). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/3057

Issue

Section

Artikel Penelitian