UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IIIUPTD SD NEGERI 12 PEUSANGAN PADAMATERI KETENTUAN PUASA
Keywords:
Problem Based Instruction, Hasil Belajar, ResponAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi Ketentuan Puasa. Sehingga menggunakan model Problem Based Instruction untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas III UPTD SD Negeri 12 Peusangan pada materi Ketentuan Puasa. Penelitian dilaksanakan di kelas III berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data, tes, lembar aktivitas dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian adanya peningkatan sebesar 42,85% dari segi hasil belajar siswa ini dasarkan pada siklus I sebesar 42,86% dan mengalami peningkatan sebesar 85,71% pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas guru selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 86% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 89% pada siklus II. Sedangan peningkatan aktivitas siswa selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 90% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 94% pada siklus II. Hal ini menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction pada materi Ketentuan Puasa sangat baik dalam menunjang pembelajaran dikelas.Hasil respon diperoleh 81,90% siswa yang menjawab “senang” dengan cara belajar model pembelajaran Problem Based Instruction, 18,10% siswa menyatakan “tidak senang” cara belajar model pembelajaran Problem Based Instruction. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi Ketentuan Puasa.
Downloads
References
Aisyah, N. 2013. Efektivitas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Mata Pelajaran Matematika SLTP Melalui Pola Kolaboratif. Jurnal Forum Kependidikan, 23(1): 13-27
Aliyasni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SD. Journal of Basic Education Studies / Vol 3 No 2 (Juli-Desember 2020). Hal 42-53.
Amelia. 2014. Penerapan model problem based instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Menengah Atas.J.Pen.Pend.Kim,2014, 1(1), 1-8.
Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazaruddin, N., Muharramsyah, R., & Iqbal, M. (2024). PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NISAM ANTARA.Dharmas Education Journal (DE_Journal),5(1), 219-228.
Parande. 2020. Peningkatan hasil Belajar Siswa menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas III SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pendidikan Sistema. 01 (01).
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar: Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rainita. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Instruction di Sekolah Dasar.Journal of Moral and Civic Education, 4 (2) 2020. Hal 88-96.
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., &Zahriyanti, Z. (2023). Penanaman Nilai-Nilai AkhlakMelalui Platform Digital TerhadapSiswa SD/MI di KabupatenBireuen.EdukasiIslami: Jurnal Pendidikan Islam,12(01).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syah, M, 2015. PsikolgiBelajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.