TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ety Mukhlisi
  • Riandi Marisa
  • Yulia Santi

Kata Kunci:

Teori Konstruktivisme, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013.

Abstrak

Teori konstruktivisme menjadi salah satu landasan teori belajar yang digunakan dalam merancang perangkat pembelajaran. Peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan teori konstruktivisme diharapkan mampu membangun sendiri kemampuan berpikirnya dengan berbekal pengalaman belajar sebelumnya dan pengaruh lingkungan, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator. Guru harus mendesain pembelajaran yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengatahuan, mengiterpretasi, mencari kejelasan, dan bersifat kritis. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik sebagai pendekatan dalam pembelajaran yang merupakan penerapan dari teori konstruktivisme dengan konstruksi pengetahuan baru bagi peserta didik melalui proses mengamati, menanya, menalar dan mencoba.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ety Mukhlisi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Riandi Marisa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Yulia Santi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Almuslim

Diterbitkan

2001-12-20

Cara Mengutip

Mukhlisi, E., Marisa, R., & Santi, Y. (2001). TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL LENTERA, 21(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2376

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.