PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS SMA NEGERI 1 SAMATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Rahmawati

Keywords:

Supervisi Klinis, kinerja, guru, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari sampai dengan April 2021 pada semester genap. Data yang diperoleh berasal dari guru SMA Negeri 1 Samatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan supervisi Klinis terhadap guru atau melakukan kunjungan kelas, melakukan penilian terhadap Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran dan melakukan penilian terhadap tanggung jawab guru.Alat pengumpulan data yaitu melalui daftar penilaian supervisi, daftar pembinaan guru dan daftar wawan cara guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan cara observasi dan refleksi melalui pengamatan terhadap pemahaman dan peningkatan kinerja guru. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase pemahaman dan kinerja guru dari 40% pada siklus I meningkat menjadi 83.33% pada siklus II. Melalui Supervisi Klinis Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Samatiga Tahun Pelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmawati

SMA Negeri 1 Samatiga Aceh Barat

Published

2022-11-15

How to Cite

Rahmawati. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS SMA NEGERI 1 SAMATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL LENTERA, 22(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1588