UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI TEXT DESKRIPTIVE PADA SISWA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP NEGERI 6 MEUREUBO AJARAN 2020/2021
Keywords:
Keterampila, Bahasa Inggris,Text Deskriptive, (CTL).Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar, Keterampilan Membaca Bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Meureubo Ajaran 2020/2021. Penelitian kelas ini berjudul ”Upaya Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris pada Materi Text Deskriptive Pada Siswa Kelas VIII Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 6 Meureubo Ajaran 2020/2021” yang dilakukan pada tahun ajaran 2017/2018 pada semester genap. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan Maret 2021 sampai dengan akhir Mei2021. Sumber data berasal dari siswa kelas VIII pada semester genap tahun 2021 yang melakukan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia.Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 68.78% dengan nilai rata-rata 71.60 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai sebesar 80.76%, dengan nilai rata-rata 83.70 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 25 siswa dari 28 siswa. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Pendidikan bahasa inggris sangat besar manfaatnya bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan, Keterampilan Bahasa Inggris siswa. Guru hendaknya mengajar dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan menyenangi materi yang diajarkan.