HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA BALITA DI PAUD JASA BUNDA KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.51179/jka.v8i1.1122Keywords:
Tingkat Pendidikan, Perkembangan Bahasa, BalitaAbstract
Gangguan bicara merupakan salah satu masalah yang sering terdapat pada anak-anak. Menurut National Center For Health Statistic (NCHS), berdasarkan laporan orang tua (diluar gangguan pendengaran serta celah pada platum), angka kejadiannya adalah 0,9% pada anak dibawah umur 5 tahun dan 1,94% pada anak berumur 5-14 tahun. Dari hasil evaluasi langsung terhadap anak usia sekolah, angka kejadiannya 3,8 kali lebih tinggi dari yang berdasarkan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu terhadap perkembangan bahasa pada balita di PAUD Jasa Bunda Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan bersifat assosiatif dengan pendekatan crossectional yang di lakukan di PAUD Jasa Bunda Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner, lembar checklist disertai dengan beberapa Alat Permainan Edukatif (APE). Pengambilan sampel menggunakan total populasi dengan 50 responden di PAUD JasaBunda Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Hasil penelitian menggunakan uji Chi-square dari 50 responden, didapatkan hasil bahwa nilai p value adalah 0,038 <0,05. Berdasarkan tingkat pendidikan ibu berada pada kategori tinggi dan perkembangan bahasa berada pada kategori lulus, yaitu perkembangan bahasa sesuai dengan usia balita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bahasa pada balita. Dari hasil tersebut, diharapkan agar ibu dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan informasi khususnya tentang perkembangan bahasa pada balita, agar dapat memberikan stimulasi bahasa yang tepat untuk balitanya.
Kata kunci: Tingkat Pendidikan, Perkembangan Bahasa, Balita
Downloads
References
Hariweni, T. (2007). Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja Tentang Stimulasi Pada Pengasuhan Anak Balita. Jakarta: EGC
Machfoedz, I (2009). Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan, Keperawatan, Kedokteran. Fitramaya. Yogyakarta
Moersintowarti, B. (2002). Telat Bicara Akibat Kurang Stimulasi. Jakarta: EGC
Muslihatun (2010). Asuhan Neonatus Bayi Dan Balita, Yogyakarta. Fitramaya
Mutiah (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta. Prenada Media Group
Noorlaila, I (2010). Panduan Lengkap Mengajar Paud, Yogyakarta. Pinus Book Publisher
Notoatmodjo, S (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Salemba Medika. Jakarta
Soetjiningsih (1995) Tumbuh Kembang Anak, EGC. Jakarta
Sukmadinata, N. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulistyoningsih, H (2011). Gizi Untuk Kesehatan Ibu Dan Anak, Graha Ilmu. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Saleha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0