HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI TINGKAT II PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN STIKES U’BUDIYAH BANDA ACEH

Authors

  • Yulisa Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie

Keywords:

Prestasi belajar, motivasi dan minat

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan perguruan tinggi dalam penyelenggaraan sistem pendidikan, Minat sangat mempengaruhi dalam proses belajar. Kalau seseorang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu, Ia tidak dapat diharapkan akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tersebut. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, Minat menjadi motor penggerak untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan, IP rata-rata STIKes U’budiyah Banda Aceh tahun 2010/2011 adalah 2,85 dari 780 mahasiswi dengan IPK rata-rata adalah 2,97. Dari hasil data diatas ditemukan bahwa rata-rata nilai mahasiswa STIKes U’Budiyah Banda Aceh masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II program studi diploma III kebidanan STIKes U’budiyah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat analitik dengan rancangan Crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat II kebidanan yang berjumlah 110 orang dengan pengambilan sampel yaitu sebagian dari mahasiswi yang berjumlah 31 orang pada tahun 2011. Dari hasil penelitian, sebanyak 64,5% mahasiswi dengan motivasi belajar yang tinggi, 67,7% mahasiswi dengan minat belajar yang tinggi, 74,2% mahasiswi dengan tingkat ekonomi keluarga yang tinggi dan 61,3% mahasiswi dengan prestasi yang tinggi dan hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara variabel penelitian Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan antara motivasi, minat, dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II Program Studi Diploma III kebidanan U’budiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yulisa , Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie

Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Aceh

References

Depdikbud. (2002). Model-model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PGSM

Irawan,dkk. (1997). Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Koswara, E. (2001). Teori-teori Kepribadian Edisi

II. Bandung: PT Eresco

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Nurkholis, Agus. (2006). Faktor-Faktor yang Mem- pengaruhi Prestasi Belajar. Dikutip Juni 2010.

Sunartombs. (2009). Pengertian Prestasi Belajar. http://wordpress.com/2009 dikutip 12 Juli 2010

Sudjana, N. (1997). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo Sudjana. 1992. Metode Statistika. Edisi ke-5. Bandung: Tarsito

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Winkel,WS. (1994). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2017-08-28

How to Cite

Yulisa. (2017). HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI TINGKAT II PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN STIKES U’BUDIYAH BANDA ACEH. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 3(5), 29–33. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jka/article/view/321