MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM IMPLIMENTASI PBM MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI PEUNAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Yusfuddin

Kata Kunci:

Kemampuan Guru, Supervisi, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Implimentasi PBM, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan Kemampuan guru. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Implimentasi PBM melalui Supervisi Pengajaran.Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap guru SD Negeri Peunaga Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 17 orang. 15 orang guru kelas dan 3 guru Guru Bidang studi. Penelitian tindakan dilaksankan mulai b bulan Januari sampai dengan Maret 2021 pada semester genap. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya: membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi peleksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk  pengambilan keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi perencanaan dan hasil supervisi. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen penunjangnya adalah pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Guru dalam Implimentasi PBM meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi Pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi Guru Berdasarkan hasil supervisi Pembelajaran siklus I dan siklus II kemampuan guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun Implimentasi PBM siklus I mencapai Supervisi perencanaan dalam Implimentasi PBM padan rata-rata Supervisi Pelaksanaan Dalam Implimentasi PBM mencapai 77%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah pecapaian Supervisi Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan guru dalam Implimentasi PBM guru 87% dansiklus III meningkan menjadi 97%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Guru Dalam Implimentasi PBM, melaksanakan pembelajaran, menilai kemampuan guru, melaksanakan tindak lanjut penilaian kemampuan guru. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi pembelajaran di SD Negeri Peunaga Tahun Pelajaran 2020/2021.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yusfuddin

SD Negeri Peunaga Aceh Barat

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles