UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI KEBERSAMAAN DALAM BERAGAMA SISWA KELAS IV SD NEGERI TERPADU ALPEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Leny Ridawati Silitonga

Kata Kunci:

Tematik, Hasil, belajar, Pemahamn, model, Explicit Instruction, Kebersamaan Dalam Beragama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman dan hasil belajar Tematik Pada Materi Kebersamaan Dalam Beragama Siswa Kelas IV SD Negeri Terpadu Alpen Tahun Pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Metode Explicit Instruction. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Terpadu Alpen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah siswa adalah 13 siswa dengan jumlah siswa laki-laki aadalah 4 dan siswa perempuan sebantak 9 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2021 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 37.77 % pada pra penelitian meningkat menjadi 64.44 %pada siklus I dan meningkat menjadi 82.22 % pada siklus II. Pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Metode Explicit Instruction dapat meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Tematik  Pada Materi Kebersamaan Dalam Beragama Siswa Kelas IV SD Negeri Terpadu Alpen Tahun Pelajaran 2020/2021

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Leny Ridawati Silitonga

SD Negeri Terpadu Alpen Aceh Barat

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles