PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA DI KELAS V/A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 8 ACEH BARATTAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasipenerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadaphasilbelajarbahasa Indonesia materimenuliskarangansederhana pada pesertadidik Kelas III/a Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Barat Kabupaten Aceh Barat.Penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran CTL, pada materi menuliskarangansederhanadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Barat pada Kelas III/a dilakukanterhadap30siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untukmendeskripsikan bagaimana peningkatanhasil belajar siswa pada materi menuliskarangansederhana.Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran CTL, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 40,00% (12 siswa) pada prasiklus dan 60,00% (19 siswa) siklus I menjadi 96,66% (29 siswa) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Barat pada Kelas III/adapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi menuliskarangansederhana.
Kata kunci: CTL, hasil belajar, menulis karangan sederhana
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhibbudin Muhibbudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0