Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Banyumas
Keywords:
implementasi, Kurikulum Merdeka, SMA dan SMK, kabupaten BanyumasAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum Merdeka belajar pada sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di wilayah Kabupaten Banyumas serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami dan menerapkan kuirkulum Merdeka Belajar di sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini meliputi beberapa tahapan, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik non-ujian, yaitu dengan melibatkan seluruh sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan negeri di wilayah Kabupaten Banyumas. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskripsi kuantitatif yaitu dari hasil pengisian kuesioner oleh guru dihitung dengan rata-rata teknik presentase dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia ditingkat sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan dari segi kompetensi kurikulum merdeka, indikator pencapaian kompetensi kurikulum merdeka, jenis-jenis potensi peserta didik, mengidentifikasi potensi peserta didik, dan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi pada prinsipnya sudah berjalan dengan baik, bahkan sudah berjalan dengan sangat baik. Namun, kendala yang dirasakan oleh pengajar dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga masih ditemui.