Menumbuhkan Budaya Literasi Menyimak Pada Siswa Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script

Authors

  • Heru Susanto STKIP Singkawang, Kalimantan Barat

Keywords:

budaya, literasi, menyimak, cooperative tipe script

Abstract

Budaya literasi bukan hanya membaca dan menulis, melainkan juga menyimak dan berbicara. Berkaitan dengan hal tersebut, keempat keterampilan berbahasa itu dikenal dengan istilah multi literasi. Dalam artikel ini, penulis fokus pada budaya literasi menyimak. Menyimak merupakan langkah awal dari proses pembelajaran berbahasa. Menyimak juga merupakan keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Sehubungan dengan itu, kemampuan menyimak ini mengharuskan siswa untuk mampu mengingat dan menghubungkan serta menafsirkan serangkaian fakta yang didengar maupun dibaca. Menyimak merupakan syarat mutlak untuk memahami dan menguasai informasi baik berupa ilmu pengetahuan secara bersungguh-sungguh dengan penuh pemahaman dalam proses mendengarkan untuk memperoleh informasi. Dalam menyimak itu sendiri terdapat unsur kesengajaan agar di dalam menyimak kita dapat memahami, mengevaluasi hingga menanggapi gagasan atau ide terhadap apa yang disimak. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran menyimak diperlukan suatu strategi. Penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Script diharapkan dapat memotivasi dan membangkitkan daya ingat siswa terhadap hal yang disimak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heru Susanto, STKIP Singkawang, Kalimantan Barat

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Heru Susanto. (2020). Menumbuhkan Budaya Literasi Menyimak Pada Siswa Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script . Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 1(1), 1–11. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/164