PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA TERHADAP DAYA TARIK WISATAWAN
DOI:
https://doi.org/10.51179/vrs.v14i2.1237Keywords:
Danau Laut Tawar; daya tarik wisatawan; kualitas pelayananAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan pada objek Wisata Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh tengah, mulai Desember 2019 s.d Mei 2020. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 100 wisatawan dan pengelola objek pariwisata. Adapun alat pengumpulan data mengunakan quisioner, lalu data tersebut diolah secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner pada 100 pengunjung di Objek Wisata Danau Laut Tawar Kab. Aceh Tengah. Analisis data menggunakan SPSS, dengan teknik sampling metmode incident sampling regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya terhadap Daya Tarik Wisatawan (Studi Kasus Danau Laut Tawar di Kab. Aceh Tengah). Hal ini terlihat sebagai berikut: 1) dari hasil uji pada variabel kualitas pelayanan secara parsial (individu) berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik wisatawan pada Danau Laut Tawar di Kab. Aceh Tengah. Artinya, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola wisata, semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung, terbukti dengan nilai pada hasil Uji t yang menunjukkan nilai thitung variabel kualitas pelayanan lebih besar dari nilai ttabel (3,141 > ttabel1,660) dengan sig. 0,00. < 0,05. Hal ini mengkonfirmasikan bahwa H1 diterima berdasarkan hasil uji statistik; 2) dari hasil uji pada variabel budaya secara parsial (individu) berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik wisatawan pada Danau Laut Tawar di Kab. Aceh Tengah. Artinya, semakin baik dan unik budaya setempat, semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang berkunjung, terbukti dengan nilai pada hasil Uji t yang menunjukkan nilai thitung variabel budaya lebih besar dari nilai ttabel (6,585 > 1,660) dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05 yaitu 0.00. Hal ini mengkonfirmasikan bahwa H2 diterima berdasarkan uji statistik; dan 3) dari hasil uji disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, kedua variabel independen, yaitu kualitas pelayanan (X1) dan budaya (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen daya tarik wisatawan (Y) studi kasus Danau Laut Tawar di Kab. Aceh Tengah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahma Insanaini, Denny Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.