Analisis Evaluasi Kelayakan Kepuasan Siswa dalam Materi Pembelajaran dengan Model K-Nearest Neighbor

Penulis

  • Arief Rahman Universitas Malikussaleh
  • Veri Ilhadi Universitas Malikussaleh
  • Irma Yurni Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v9i1.2746

Kata Kunci:

Kelayakan, KNN, Pembelajaran

Abstrak

Evaluasi kepuasan siswa merupakan komponen penting dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran. analisis yang digunakan berupa analisis survei kepuasan dalam melihat variabel, menganalisis variable dan analisis data kuantitatif. Pentingnya pendekatan personal dalam pendidikan, di mana kemampuan mengajar yang efektif dan interaksi yang berkualitas antara guru dan siswa berperan vital dalam meningkatkan kepuasan belajar. Pentingnya analisis menunjukkan bahwa model KNN memiliki akurasi yang tinggi dalam mengklasifikasikan tingkat kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa dipengaruhi oleh relevansi materi, metode pengajaran, dan interaksi dengan pengajar. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kepuasan siswa termasuk penyesuaian kurikulum, pelatihan pengajar, dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih interaktif.  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi sekolah dan para pendidik dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan hubungan dengan siswa. Analisi model KNN dalam pencarian jumlah kelas terbanyak dari tetangga terdekat dan tetapkan kelas tersebut sebagai kelas data uji. urutuan perangkingan terdapat lebih banyak kategori puas. Sehingga, untuk data dengan rk = (5; 8; 8; 9) termasuk ke dalam kategori Puas.  hasil analisis V1 Tidak Puas dengan nilai 2, V2 dengan nilai Pua 2,828 V3 adalah Puas dengan nilai 3,464, V4 dengan nilai Tidak Puas 3,605 dan terakhir V5 Dengan kelayakan Puas bernilai 4,123.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fuady, M. J. (2016). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Jurnal Tekno, 26(2), 148-54.

Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1).

Fitri, Z., Zulkifli, Z., Ula, M., & Suhendra, B. (2022). Analysis of the Teacher's Role in Evaluation of Student Learning Performance Using the TOPSIS Model (Case Study of Smk Negeri 1 Lhokseumawe). Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering, 5(2), 452-462.

Nurmaya, A. L. (2021). Analisis evaluasi pembelajaran daring (Online) siswa sekolah dasar selama masa pandemi covid-19. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 80-85.

Rahman, A. (2023). Obstacles to the process of sexual violence law enforcement in Aceh Utara. International journal of educational review, law and social sciences, 3(2), 442-448.

Rahman, A., Yanuarsari, R., & Latifah, E. D. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 83-93.

Sejati, W. S., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP Dengan Metode Demonstrasi. Computer Science and Education Journal, 1(2).

Sahputra, I., & Ula, M. (2022). GROUP Decision Support System For Determining The Eligibility Of Providing Housing Assistance To Poor Families. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(6), 1811-1816.

Sahputra, I., Mauliza, M., & Zohra, S. F. A. (2023). Implementasi Algoritma C5. 0 Pada Klasifikasi Status Gizi Ibu Hamil di Kota Lhokseumawe. METIK JURNAL, 7(1), 42-46.

Tamba, M., Ula, M., & Sahputra, I. (2023, November). Classification of Autism Histogram of Oriented Gradient (HOG) Feature Extraction with Support Vector Machine (SVM) Method. In 2023 International Conference on Modeling & E-Information Research, Artificial Learning and Digital Applications (ICMERALDA) (pp. 144-148). IEEE.

Utomo, A. P. Y., Dianastiti, F. E., Saragih, D. K., & Suwandi, S. (2022). Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 227-236.

Ula, M., Phonna, R. P., Saputra, I., & Pratama, A. (2022). Penerapan Model Decision Support System Dalam Penentuan Pemilihan Minat Siswa. Jurnal Tika, 7(1), 55-62.

Ula, M., Zulhusna, R., Fhonna, R. P., & Pratama, A. (2022). Penerapan Model Klasifikasi K-Nearest Neighbor Dalam Pencarian Kesesuaian Pekerjaan. Metik Jurnal, 6(1), 18-23.

Widiastuti, T., Karsa, K., & Juliane, C. (2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4. 5. Technomedia Journal, 7(3 Februari), 364-380.

Unduhan

Diterbitkan

22-04-2024

Cara Mengutip

Rahman, A., Ilhadi, V., & Yurni, I. (2024). Analisis Evaluasi Kelayakan Kepuasan Siswa dalam Materi Pembelajaran dengan Model K-Nearest Neighbor . Jurnal Tika, 9(1), 68–92. https://doi.org/10.51179/tika.v9i1.2746