HUBUNGAN ANTARA SARANA PENDUKUNG, PROSES, DAN HASIL PEMBELAJARAN
Kata Kunci:
Hubungan Antara Sarana Pendukung, Proses, dan Hasil PembelajaranAbstrak
Sarana prasarana belajar mendukung proses, dan hasil pembelajaran di sekolah dan kampus. Ketersediaan sumber belajar, dan sarana prasara kelas meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini mengkaji kaitan antara sarana pendukung, proses, dan hasil pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mewancarai 15 orang mahasiswa teknik tentang persepsi mereka berkenaan tentang sarana pendidikan serta pelaksanaan pembelajaran di kelas. Di samping itu, dilakukan pula observasi kelas dan kajian kepustakaan guna mendukung hasil temuan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kaitan yang kuat antara sarana prasaran kelas dengan proses dan hasil pembelajaran. Sarana dan prasarana yang baik memberi dampak positif terhadap proses dan hasil. Sedangkan, kurangnya sarana dan prasarana pendukung melemahkan proses dan juga hasil pembelajaran.