Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Ayam Geprek Woow Matangglumpangdua)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada ayam geprek woow matangglumpangdua). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pelanggan rumah makan ayam geprek woow matangglumpangdua dan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian hipotesis secara persial (uji t) menununjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) memiliki nilai thitung sebesar 2,098 sedangkan ttabel sebesar 1,660. Hal ini menunjukkan thitung. >ttabel, maka hasil penelitian menolak HO dan menerima Ha. Variable promosi (X2) memilikinilai thitung sebesar 2,085 sedangkan ttabel sebesar 1,660. Hal ini menunjukkan thitung. >ttabel, maka hasil penelitian menolak HO dan menerima Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variable kualitas pelayanan dan promosi masing-masing berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan (uji F), menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 5,014 dengan tingkat signifikasi 0,006, sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,09. Maka dapat ditulis Fhitung > Ftabel (5,014 > 3,09). Hal ini mengkonfirmasi penolakan HO dan menerima Ha yang bermakna bahwa secara bersama-sama variable kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan
Unduhan
Referensi
Al-dweeri, R. M., Obeidat, Z. M., Al-dwiry, M. A., Alshurideh, M. T., & Alhorani, A. M. (2017). The Impact of e-Service Quality and E-Loyalty on Online Shopping: Moderating Effect of e-Satisfaction and e-Trust. International journal of marketing studies, 9(2), 92-103.
Andy. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program IBM SPSS19. Edisi 5, Semarang: Badan Penerbit Universitas Dponegoro
Chang, H. H., Wang, Y. H., & Yang, W. Y. (2009). The Impact of e-Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty on e-Marketing: Moderating effect of perceived value. Total quality management, 20(4), 423-443.
Ilyas, G. B., & Mustafa, H. (2022). Price, Promotion, and Supporting Facilities on Customer Satisfaction. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2(1), 01-11.
Prabowo, A. J., & Sitio, A. (2020). The Impact of Brand Image, Sales Promotion, Service Quality Towards Customer Satisfaction And Its Implications on Customer Loyalty at X Department Store Kota Kasablanka Jakarta. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(2), 267-278.
Prianggoro, N. F., & Sitio, A. (2020). Effect of Service Quality and Promotion on Purchase Decisions and Their Implications on Customer Satisfaction. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(6), 51-62.
Qomariah, N., Pangestu, M. K. M., Herlambang, T., & Putu, N. N. (2021). The Role of Promotion and Service Quality in Increasing Consumer Satisfaction and Loyalty in Pawnshops. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 4(10), 1948-1960.
Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The Impact of E-Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Behavior in Online Shopping. Heliyon, 5(10).
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.
Sureshchandar, G. S., Rajendran, C., & Anantharaman, R. N. (2002). The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction-a Factor Specific Approach. Journal of services marketing, 16(4), 363-379.
Utomo, S. B., & Riswanto, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Gumilang Motor Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Sumber, 100(452), 100.
Wang, I. M., & Shieh, C. J. (2006). The Relationship Between Service Quality and Customer Satisfaction: the Example of CJCU library. Journal of Information and optimization Sciences, 27(1), 193-209.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek, 328.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 106-128
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmatul Maula, Denny Firmansyah, Muhammad Diah, Afriana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.