PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Sri Novayanti
  • Mirza

Kata Kunci:

AIR, Motivasi Belajar Siswa, Sistem Ekskresi, Kabupaten Bireuen.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) berbasis media video terhadap motivasi belajar siswa pada sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada 07 Februari s/d 03 Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 peusangan, SMA Negeri 3 Bireuen, dengan sampel penelitian berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t dengan bantuan Exel 2007 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa 3,26 > 1,65. Simpulan model pembelajaran Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) berbasis media video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sri Novayanti

Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Mirza

Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Diterbitkan

2022-09-11

Cara Mengutip

Novayanti, S., & Mirza. (2022). PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(4). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/1405

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama