PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN
Kata Kunci:
AIR, Motivasi Belajar Siswa, Sistem Ekskresi, Kabupaten Bireuen.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) berbasis media video terhadap motivasi belajar siswa pada sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada 07 Februari s/d 03 Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 peusangan, SMA Negeri 3 Bireuen, dengan sampel penelitian berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t dengan bantuan Exel 2007 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa 3,26 > 1,65. Simpulan model pembelajaran Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) berbasis media video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen