PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERPOLA DEDUKTIF DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Ristawati Ristawati

Keywords:

Peningkatan, Keterampilan, Menulis Karangan, Berpola Deduktif, Metode Contextual Teaching And Learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul ”Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berpola Deduktif dengan Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen”. Dengan rumusan masalah bagaimnakah peningkatan keterampilan menulis karangan berpola deduktif pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen? Apakah dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan berpola deduktif pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen? Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan berpola deduktif pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika hasil tes akhir setiap tindakan minimal 80% siswa mendapat nilai 65 dan proses pembelajaran telah diperoleh > 80%, jika kedua hal tercapai maka kegiatan pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian, tes awal dengan persentase nilai 34,79% dan pada hasil tes siklus 1 tidak mengalami kenaikan yaitu masih tetap 56,53 penelitian belum berhasil karena masih banyak siswa yang tidak tuntas, maka penelitian dilanjutkan. Setelah materi menulis karangan berpola deduktif diajarkan dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning, maka hasil tes siklus 2 meningkat menjadi 86,96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan berpola deduktif. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan berpola deduktif pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen tidak perlu dilang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ristawati Ristawati

UNIKI Bireuen Aceh

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Ristawati, R. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERPOLA DEDUKTIF DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(5). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/897

Issue

Section

Artikel Penelitian