Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Bermain Sepak Bola Pada Atlet SMA Plus Banda Aceh Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Alyadi S
  • Imran Fadhil

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Keterampilan Sepak bola

Abstract

Sepak bola merupakan cabang olah raga yang menuntut bakat, minat, kemauan, struktur tubuh dan latihan yang intensif. Seseorang akan menjadi pemain sepak bola yang handal jika ia memiliki modal dasar yaitu kondisi fisik khusus yang baik namun kita tidak bisa melupakan aspek emosional untuk dalam peningkatan prestasi sepak bola. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan sepak bola SMA Plus Banda Aceh tahun 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan sepak bola atlet SMA Plus Banda Aceh tahun 2022/2023. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan populasi penelitian adalah keseluruhan atlet sepak bola SMA Plus Banda Aceh, sampel penelitian adalah atlet sepak bola SMA Plus Banda Aceh yang berjumlah 33 orang. penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa angket untuk mengukur kecerdasan emosional sampel dan tes keterampilan sepak bola yang terdiri dari tes dribbling, passing, shooting, heading. Penulis menggunakan perhitungan korelasi untuk menganalisa data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tingkat kecerdasan emosional memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan bermain sepak bola pada atlet SMA Plus Banda Aceh tahun 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alyadi S

Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Imran Fadhil

Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

References

Cahyani, N. T., & Siswati, S. 2020. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kontrol Diri pada Remaja Pria Atlet Sepak bola di Kota Pati. Jurnal Empati. 9(5), 423-430.

Efendi, Y., & Widodo, A. 2019. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak bola pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga. 7(2).

Goleman, D. 2018. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia.

Hasmara, P. S. 2022. Hubungan emotional quotient (eq) dengan hasil belajar PJOK siswa kelas atas SDN Bakalan Gondang Mojokerto. Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 2(2), 34-43.

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. 2018. Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 17 (2), 28-35.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Purnamasari, D. A., Nurseto, F., & Tarigan, H. 2013. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Sepak bola. Jurnal JUPE. 1 (3), 2621-5659.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

S, A., & Fadhil, I. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Bermain Sepak Bola Pada Atlet SMA Plus Banda Aceh Tahun Ajaran 2022/2023. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 7(4). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2432

Issue

Section

Artikel Penelitian