PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN TEKNIK PENILAIAN AUTENTIK DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Venna Nazilla UNIVERSITAS ALMUSLIM
  • Nurlaili Universitas Almuslim
  • Asniah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

penilaian autentik, keterampilan menulis, teks persuasi

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, mendeskripsikan  teknik  penilaian  autentik  yang  digunakan  oleh  guru  mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan  upaya  yang  dilakukan  oleh  para  guru  untuk  mengatasi kendala dalam melaksanakan penilaian autentik keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, hasil pengamatan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diambil melalui wawancara, pengamatan, dan dokumen. Analisis dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Dalam proses analisis ini terdapat empat tahap, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. hasil penelitian diperoleh bahwa Secara umum guru-guru telah melaksanakan penilaian autentik keterampilan menulis sesuai dengan ketentuan penilaian dalam Kurikulum 2013, walaupun belum dapat dikatakan optimal dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala dalam penerapannya. Teknik penilaian autentik keterampilan menulis yang diterapkan cukup beragam, yaitu penilaian sikap (pengamatan, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan jurnal), penilaian pengetahuan (tes tulis, tes lisan, dan penugasan kelompok dan mandiri), serta penilaian keterampilan (tes praktik, tugas proyek, dan portofolio). Pelaksanaan penilaian autentik keterampilan menulis  belum  dapat  dikatakan optimal  karena  masih  ditemukan  beberapa kendala  yaitu  peserta  didik,  guru, dan keterbatasan waktu. Kendala-kendala yang muncul di antaranya adalah peserta didik yang kurang aktif dan kurang tertib. Dalam mengatasi kendala peserta didik, guru mengkondisikan peserta didik yang kurang tertib saat pembelajaran berlangsung, mengurangi nilai peserta didik, dan menambah tugas. Sementara itu, untuk mengatasi kendala guru, guru melakukan remedial untuk siswa yang nilainya belum cukup, membuat rekap nilai, dan membaca buku panduan penilaian Kurikulum 2013. Selanjutnya, untuk mengatasi kendala keterbatasan waktu, guru meminta siswa untuk melanjutkannya pada pertemuan berikutnya.

 

Kata kunci : penilaian autentik, keterampilan menulis, teks persuasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Venna Nazilla, Nurlaili, & Asniah. (2024). PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN TEKNIK PENILAIAN AUTENTIK DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 4(02), 100–109. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2300