PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study Kasus pada Home Industry Bintang Bakery Kabupaten Bireuen)

Authors

  • Melia Putri
  • Denny Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1505

Keywords:

Kemasan, keputusan pembelian, variasi produk

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada Home Industry Bintang Bakery Kabupaten Bireuen, mulai Mei s.d Agustus 2022. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Lalu, alat pengukuran data mengunakan questioner. Selanjutnya, data diolah secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran pada 35 konsumen. Sedangkan, analisis data mengunakan SPSS dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh secara parsial antara variasi produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0.600 dengan tingkat signifikansi 0.013 < 0.05 yang berarti variasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian; 2) terdapat pengaruh secara parsial antara kemasan produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0.600 dengan tingkat signifikansi 0.013 < 0.05 yang berarti kemasan produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian; 3) terdapat pengaruh secara simultan antara variasi produk dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian sebesar 6.362 dengan signifikansi 0.001 < 0.005 yang berarti variasi produk, kemasan produk memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Melia Putri

Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim

Denny Firmansyah

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim

Downloads

Published

2022-10-21

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)