PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI MATERI PREFERENCE PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMK NEGERI 1 DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA
Kata Kunci:
Mutu Pendidikan, Belajar, Bahasa InggrisAbstrak
Permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lain dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai. Dari kenyataan tersebut penulis meningkatkan prestasi belajar siswa melalui sebuah penelitian yang berjudul : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI Materi Preference Pelajaran Bahasa Inggris Pada SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dimulai dari bulan September – Nopember 2021. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri 4 tahap yaitu rancangan kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Dewantara sebanyak 28 siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI Materi Preference Pelajaran Bahasa Inggris pada SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara.