PENGARUH DESAIN KEMASAN TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK AIR MINERAL IE YADARA
Kata Kunci:
Desain Kemasan, Impulsive BuyingAbstrak
Desain adalah model/bentuk dipandang menarik, modis dan sesuai dengan selera konsumenĀ yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam impulsive buying (pembelian secara spontanitas). Kemasan dapat berfungsi sebagai perantara dan aktif menjual sendiri yang di sediakan oleh perusahaan produk air mineral yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen atau pelanggan. Air mineral Ie Yadara adalah salah satu produk air mineral kemasan yang ada di Kabupaten Bireuen. Dalam meningkatkan pembelian produk secara spontanitas oleh para konsumen air mineral perlu adanya desain kemasanĀ terhadap produk agar konsumen merasa tertarik terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional dan menggunakan bantuan Program SPSS V.20 for Windows, dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan mengisi kuesioner, data tersebut diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil regresi secara parsial (T), maka diketahui variabel desain kemasan (X) memiliki nilai thitung sebesar 2,504 sedangkan ttabel 2,01063, hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolah Ho dan terima Ha. Berdasarkan hasil regresi secara simultan (F), maka dapat dijelaskan bahwa Fhitung adalah sebesar 6,269 berada pada tingkat signifikansi 0,016. Sedangkan Ftabel pada tingkat a = 5% adalah 4,04,maka dapat ditulis 6,269 > 4,04. Hasil penelitian menerima Ha dan menolak H0, yang bermakna secara simultan variabel desain kemasan berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying (pembelian secara spontanitas) pada produk air mineral Ie Yadara.