PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN

Penulis

  • Deni Adriani Unimed

Kata Kunci:

Probing Prompting, Kreativitas Belajar Mahasiswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar mahasiswaprogram studi pendidikan ekonomi dengan penggunaan metode probing prompting bagi mahasiswa kelas A Program studi Pendidikan Ekonomi Semester Genap TA. 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A mata kuliah strategi pembelajaran semester genap 2020/2021 yang berjumlah 28mahasiswa Objek penelitian adalah meningkatkan kreativitas belajar melalui metode probing prompting. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya metode probing prompting diperoleh nilai rata–rata untuk ketuntasan klasikal 62,50%, nilai rata–rata untuk tuntas individu 65,83% dan nilai rata–rata untuk daya serap klasikal 66,75%. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan metode probing prompting dalam pembelajaran ekonomi pada siklus I dan siklus II meningkat. Hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,50% dan nilai rata - rata daya serap klasikal 64,29% dengan jumlah mahasiswa yang tuntas sebanyak 18 orang dan yang belum tuntas sebanyak 10 orang. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,50% dan nilai rata-rata daya serap klasikal 82,14% dengan jumlah mahasiswa yang tuntas sebanyak 23 orang dan yang belum tuntas sebanyak 5 orang, yang artinya sudah melebihi standar ketuntasan belajar mahasiswa yang telah ditetapkan yaitu 80%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Deni Adriani, Unimed

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Diterbitkan

2021-06-21

Cara Mengutip

Adriani, D. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 41–46. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/498

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian